Beranda » Rafting » Lokasi rafting Cisadane

Lokasi rafting Cisadane

Bosan dengan rutinitas yang ada dan ingin berwisata di tempat yang mudah untuk dijangkau, dengan situasi yang tidak biasa. Mungkin rafting jawabannya ! Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, tepatnya di kawasan Bogor, dalam hal ini sungai Cisadane. Ini adalah salah satu lokasi rafting yang cukup populer. Ada cukup banyak kalangan yang datang dan berkunjung ke lokasi rafting Cisadane tersebut. Mulai dari anak sekolah, berbagai instansi hingga keluarga.

Lokasi rafting sungai Cisadane 

Adapun lokasi rafting Cisadane, sendiri ada di Sungai Cisadane, kabupaten Bogor. Sungai ini sendiri adalah salah satu sungai besar yang ada di Jawa Barat, dengan hulu di lereng gunung Pangrango dan mempunyai panjang sekitar 80 km.

Awalnya aliran ini diberi nama Ci Gede, karena memang sungainya berukuran besar dan panjang. Namun akhirnya berubah menjadi sungai Cisadane. Aliran air sungai ini terus melintasi kabupaten Bogor, hingga akhirnya bermuara ke sekitar Tanjung Burung.

Rute menuju lokasi sungai Cisadane 

Untuk sampai ke lokasi yang dimaksud, ada beberapa cara, yaitu dengan menggunakan travel agent, menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan menggunakan kendaraan umum. Yang dimaksud dengan travel agent disini juga ada 2 macam, yaitu dengan bekerja sama dengan travel agent yang ada di daerah Anda yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan penyedia jasa rafting di Cisadane. Atau memilih travel agent langsung dalam hal ini jasa paket rafting sungai Cisadane sendiri.

Artikel Lain :

Dari Jakarta sendiri jarak tempuhnya, tidak terlalu jauh hanya sekitar 2 jam perjalanan, setelah keluar tol Ciawi. Kemudian, ambil rute ke arah Sukabumi, karena area rafting tersebut ada di daerah Caringin, Bogor.

Bagi beberapa orang, perjalanan yang diberikan ini memang terasa lama. Tapi lamanya perjalanan tersebut, akan segera terbayar, setelah Anda tiba di lokasi meeting point, untuk kemudian pindah menggunakan transportasi khusus menuju kawasan Sungai itu sendiri.

Lokasi meeting point sendiri tentunya berbeda-beda, hal ini tergantung dari penyedia jasa rafting yang telah Anda pilih dan hubungi sebelumnya. Jadi Anda yang ingin melakukan kegiatan rafting, sebaiknya pilih dan tentukan sebelumnya penyedia jasa rafting yang akan dikunjungi, dan melakukan booking. Jadi ketika Anda datang nantinya, terutama pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya, pihak penyedia jasa sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Aneka macam panjang rute rafting 

Mengingat jarak dari hulu ke hilir sungai Cisadane ini sangat panjang, maka permainan rafting akan dibagi ke dalam beberapa rute, yang masing-masing menawarkan jeram yang berbeda-beda.

  • Dengan panjang sekitar 7 km, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam.
  • Dengan panjang sekitar 10 km, dengan lama waktu perjalanan sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan.
  • Dengan panjang sekitar 13 km, dengan lama waktu perjalanan sekitar 3 jam perjalanan.
  • Dengan panjang sekitar 15 km, dengan lama waktu perjalanan sekitar 3,5 jam hingga 4  jam perjalanan.

Beragamnya panjang jalur yang ditawarkan inilah yang nantinya jadi pilihan paket wisata arung jeram untuk Anda. Jadi Anda dalam hal ini dapat memilih salah satu paket atau panjang jalur yag sekiranya tepat.

Sedikit tips untuk Anda yang masih pemula, dan belum pernah melakukan aktivitas rafting, sebaiknya pilih panjang rafting yang tidak terlalu panjang, seperti 7 km saja. Sedangkan khusus untuk paket keluarga, umumnya menawarkan sekitar 6 hingga 7 km saja.

Jeram yang ada di sungai cisadane 

Jeram yang ada di lokasi rafting Cisadane ini sendiri termasuk kedalam grade 2 hingga grade 4. Yang paling banyak digunakan dan dirasa cukup menantang ada 4 buah jeram. Masing-masing jeram mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, dan nama yang diberikan diberikan berdasarkan karakter tersebut.

  • Jeram Blender, diberi nama demikian, karena para peserta jeram akan merasakan sensasi diputar seperti di dalam blender.
  • Jeram kerinduan, namanya memang cukup unik, namun kenyataannya lebih unik lagi. Diberi nama demikian, karena setiap perahu jeram lewat di jeram tersebut, maka perahu akan terbalik. Alasan inilah yang membuat banyak orang jadi rindu akan lokasi tersebut.
  • Jeram Kuda Liar, disebut demikian, karena jeram ini terbilang cukup miring. Hingga membuat pemandu arung jeram yang umumnya duduk di belakang perahu, secara tiba-tiba terlempar ke bagian depan perahu. Seperti layaknya naik kuda liar.
  • Jeram Dam, dengan tingkat kemiringan yang cukup ekstrim, hingga sektar 900. Ini yang membuat banyak peserta yang mulai berteriak keras, karena sensasi yang diberikan.

Dari lokasi titik point penjemputan, para peserta nantinya akan diantar oleh tim menuju ke lokasi rafting dengan menggunakan kendaraan khusus. Demikian pula sebaliknya.

Paket Lengkap Tour Kami

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.